Sabtu, 18 Juni 2011

TIPS UNTUK MEMILIH SPEAKER

Dengan perkembangan teknologi yang begitu cepat saat ini maka saat ini sudah banyak speaker khususnya untuk komputer. Namun kita tidak bisa mengetahiu bagaimana kualitas dari speaker itu sebelum kita mendengar secara lansung, namun kemampuan untuk menilai suatu suara setiap orang berbeda ataupun kita terlanjur fanatik dengan suatu merk, misalkan speaker merk A kualitasnya pasti akan bagus. Namun hal itu tidak bisa menjadi suatu patokan, bisa saja dengan uang yang sama kita dapat memperoleh speaker dengan kualitas yang lebih baik.

Berikut ada beberapa tips untuk memilih speaker:

RMS (power output)
Rms sebenarnya adalah daya keluaran rata rata speaker. Pada umumnya speaker dengan rms yang besar maka output speaker yang dihasilkan akan semakin besar. Jangan melihat pada P.M.P.O (Peak Music Power Output) karena P.M.P.O bukanlah patokan untuk menilai output yang dihasilkan karena yang namanya peak tidak akan keluar secara terus menerus, hanya pada waktu tertentu. Jadi bila ingin mencari speaker dengan suara yang mengglegar carilah speaker dengan RMS yang tinggi

FREQUENCY RESPONSE
Efek dari speaker yang dikeluarkan tergantung pada range (jangkauan) frekuensi yang dihasilkan oleh sebuah speaker. Telinga atau pendengaran kita hanya memiliki range 20Hz-20KHz. Jadi saat kita memilih sebuah speaker maka pilihlah speaker yang memiliki range yang paling lebar jadi suara ataupun efek yang dihasilkan akan semakin baik sebagai contoh DBE sp 88 yang memiliki range frekuensi 45Hz-20KHz

SIGNAL TO NOISE RATIO (SNR)
Hal ini berdasarkan interferensi noise atau ganguan pada sinyal inputan, jadi semakin besar nila SNR maka kualitas yanga dihasilkan akan semakin bagus yaitu dengan suara yang bening dan efek yang jelas. Sebagai contoh untuk sebuah game yang memiliki Dynamic Range yang lebar(perbandingan antara suara yang paling kers dan suara yang paling pelan)harus dipastikan bahwa SNR pada speaker yang kamu miliki harus lebih besar dari Dinamic Range yang ada pada game tersebut, bila tidak maka akan terdengar suara clipping distorsi atau bahkan loss signal

NUMBER OF SPEAKER
Banyaknya jumlah speaker pada sebuah speaker system akan memberikan kualitas yang lebih dari suara yang dihasilkan, jadi semakin banyak speaker dala sebuah speaker system maka suara yang dihasilkan akan semakin dasyat. Karena dengan banyaknya jumlah speaker maka speaker tersebut dapat dispesifikasikan
untuk menghasilkan spreaktrum suara tertentu.
Pada umumnya speaker system 5.1 terdiri dari 6 buah speaker yaitu front speaker kiri dan kanan, surround speaker kiri dan kanan, center speaker dan subwoofer. Untuk system speaker 6.1 akan ditambahkan sebuah center speaker yang dapat diletakkan di belakang. ada pula speaker system 7.1 ataupun 2.1. Sebenarnya system speaker 5.1 sudah lebuh dari cukup untuk telinga kita, namun hal ini tergantung pada uang yang ada ataupun untuk sebuah gengsi, jadi tidak ada salahnya untuk memilih speaker system 7.1 atau bahkan 2.1.

SUROUND SOUND
Suroun sound tecnology adalah hardware decoder yang mampu membedakan sumber suara dan frekuensi untuk dikeluarkan pada satellites speaker. Banyak perusahaan yang telah mengeluarkan suround sound antara lain:
  • Dolby Digital
  • DTS
  • A3D (Aureal 3 Dimensional)
  • Creative Labs EAX 
Pada umumnya sebuah speakeryang mampu mensuport teknologi ini dari sebuah perusahaan diatas maka speaker itu dapat menghasilkan suara yang baik.

TOTAL HARMONIC DISTORTION (THD) 
THD dapat dikatakan seberapa murni (pure) sinyal audio dari sebuah speaker. THD sebesar 0,1% sudah cukup baik, namun bila ada sebuah speaker dengan nilai dibawah 0,1% maka speaker tersebut memiliki nilai yang baik. Namun pada kenyataanya ada beberapa speaker yang beredar saat ini misalkan merk A yang memiliki THD yang lebih dari 2% yang sebenarnya mengeluarkan suara yang terdistorasi yang berarti suara yang dihasilkan kurang nyaman didengar. Namun karena merk speaker tersebut sudah terkenal maka banyak orang yang menilai kualitas dari speaker ini cukup bagus bahkan banyak yang memberikan satran untuk memilih speaker merk A(pengalaman pribadi :P). Kesimpulanya semakin kecil THD dari sebuah speaker, maka suara yang dihasilkan akan semakin bening/ bersih.

MAGNETIC SHIELD
Pastikan speaker yang akan dibeli sudah memiliki magnetic shield (sebuah pelindung agar magnet yang ada dalam speaker tidak akan keluar), karena speaker ini akan diletakan pada dekat monitor, biala speaker tersebut belum memiliki magnetic shield maka monitor anda lambat laun akan mengalami kerusakan akibat magnet yang dihasilkan oleh speaker, namun hal ini memiliki pengecualian pada subwoofer. Sebuah subwoofer tidak akan diletakan didekat monitor nama akan diletakan dibawah ataupun dilantai, sehingga tidak menjadi masalah jika sebuah subwoofer tidak memiliki magnetic shield.

KESIMPULAN
Secara umum sebuah speaker yang baik akan memiliki:
  1. RMS power yang besar
  2. Frequency Response atau jangkauan yang lebar
  3. Signal to Noise Ratio yang tinggi
  4. 5.1 Speaker System
  5. Sudah suport Soround Sound Tecnology
  6.  THD yang rendah
  7. Memiliki Magnetic Shield
Namun semua hal ini tidak menjadi suatu patokan bahwa semua speaker harus memiliki semua hal itu, pada akhirnya telinga kita yang menentukan, bila sebuah speaker dapat memuaskan telinga anda maka dapat diakatakan bahwa speaker tersebut cukup baik bagi telinga anda. Jadi bila akan memilih sebuah speaker coba dahulu dan pastikan kualitas suaranya dengan telinga anda, karena kualitas suara adalah relatif.
   
Sekian dari saya semoga dapat bermanfaat. Gbu ^^

5 komentar:

  1. sangat bermanfaat, Meskipun banyak speaker yang dijual di pasaran namun tak mudah mendapatkan speaker aktif berkualitas. Speaker aktif yang tidak berkualitas akan menghasilkan suara yang tidak sesuai aslinya.

    BalasHapus
  2. Top artikelnya. Kalau cara hilangin storing bagaimana

    BalasHapus
  3. Thank you sooo much. So useful. :)

    BalasHapus
  4. Masukan yg bagus min, skalian sya mo nanya nih, klau speaker aktif dgn daya rms 190w itu bagus nggak? Bgm dgn yg daya rms nya 25x2, itu maksudnya apa ya min?

    BalasHapus