Rabu, 10 Agustus 2011

TIPS : Hal Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Merakit Sebuah Komputer

Pada saat ini banyak pecinta PC lebih memilih untuk merakit komputer sendiri daripada membeli sebuah pc build up dari pabrikan. Banyak dari mereka memilih alasan untuk merakit pcnya sendiri.salah satunya adalah mahalnya sebuah pc build up. Dengan kata dengan harga yang sama maka akan didapatka sebuah pc rakitan sendiri yang memiliki performa lebih baik dari pada pc build up. Namun hal ini tidah bisa asal untuk merakit pc, dikarenakan banyak sekali hal hal yang harus diperhatikan, bila ada yag kelupaan bisa bisa pc yang kita rakit tidak akan bertahan lama bahkan tidah bisa hidup.
Oleh karena itu saya akan memberikan sedikit panduan bagi yang ingin mencoba merkait pcnya sendiri
Hal yang paling penting dalam merakit sebuah pc adalah update informasi tentang komponen komponen yang akan kita bangun menjadi sebuah pc, bila hal ini dilupakan maka pc yang akan kita bangun tidak akan menjadi pc yang memiliki kekurangan ataupun tidak sesuai dengan harapan kita.
Bila kita sudah memiliki sedikit pengetyahuan tentang komputer serta sudah menetahui beberapa update harga serta komponen maka kita telah siap untuk membangun sebuah komputer.


Ok langsung kita mulai saja tahapanya.
Pertama
Tentukan tujuan penggunaan komputer. Hal ini dimaksudkan agar uang yang akan kita belanjakan tidak akan terbuang percuma, misalkan kita menghabiskan uang 10 juta untuk merakit sebuah komputer yang digunakan sebagai komputer untuk berinternet. Bila hal itu yang terjadi maka uang yang kita keluarkan terbuang percuma karena dengan uang 3 juta saja kita dapat merkait sebuah komputer untuk internet.
Untuk mempermudahnya saya akan membagi tujuan dari sebuah komputer menjadi 3 jenis
1. komputer game
2. komputer editing
3. komputer kerja (MS.word, internet)
4. komputer hardcore ataupun overclock
Contoh : saya akan merkait sebuah komputer untuk tujuan gaming
Kedua
Setelah kita menentukan tujuan dari komputer yang akan kita rakit, maka hal selanjutnya adalah menentukan uang yang akan kita gunakan untuk membangun sebuah komputer
Contoh : saya memiliki uang 8 juta untuk merakit sebuah komputer


Setelah kita telah mendapatkan kedua hal diatas maka kita telah siap untuk merkait sebuah pc. Maka hal selanjutnya kita membuat list untuk semua komponen, hal ini akan menghindarkan kita dari overbuged ataupun ada sebuah komponen yang lupa dibeli.
Komponen yang harus dibeli untuk merakit sebuah komputer :
  • Prosesor
  • Motherboard
  • Ram
  • Hardisk
  • Vga card
  • Power suplay (PSU)
  • Optical drive
  • Case
  • Keyboard dan mouse
  • Monitor
  • Speaker
setelah list selesai dibuat maka hal selanjutnya adalah menentukan pilihan pada komponen komponen tersebut. Saya akan memberikan sedikit penjelasannya.
ok langsung kita mulai saja
Tujuan komputer adalah gaming sedangkan uang yang disediakan 8 juta 
komponen komponenya adalah 
Prosesor
untuk kebutuhan game saat ini ku rasa cukup dengan prosesor dengan 4 inti (baca core) dikarenakan kebutuhan game lebih difokuskan kepada vga card. jadi pilihan saya jatuh kepada AMD Phenom II X4 955 Black Edition
Motherboard
Untuk kebutuhan midle game boleh dikatakan bisa menggunakan spesifikasi value atau dengan spek rendah sekalipun, asalkan sesuai dengan prosesor ataupun jenis ram yang akan digunakan. Namun saya memiliki standar sendiri untuk motherboard value yaitu, tdp prosesor tinggi, ram ddr3, full solid capasitor. jadi pilihan saya jatuh pada ASRock 770DE3L.
Ram atau memory
untuk kebutuhan game ram value sudah lebih dari cukup karena game hanya membutuhkan kapasitas saja, jadi kesimpulannya ram value dengan ram mahal tidak akan berpengaruh banyak pada game. jadi pilihan saya jatuh pada Venomrx 2Gb PC 1333 Gamer Heatsink 2 keping
Hardisk
Di dalam sebuah game dibutuhkan pulan hardisk dengan kemampuan yang tinggi dalam mengolah data, sebenarnya pilihan terbaik jatuh pada SSD, namun hjal itu tidak mungkin kita beli karena keterbatasan dana, jadi pilihan saya jatuh kepada WDC SATA II Caviar Black 1 TB 64Mb
VGA card
Inilah komponen utama dalam sebuah komputer game, jadi pilihlah vga card terbaik yang mampu anda beli untuk komputer game, asalkan prosesornya sudah 4 core ku rasa tidak ada maslah bila anda mampu membeli vga monster, namun tetap berfikir secara bijak, karena harga komponen komputer akan turun, jadi pilihan saya jatuh pada Sapphire HD 5850 XTREME 1Gb 256 Bit DDR5
Power suplay 
PSU dapat diibaratkan sebagai bahan bakar komputer kita. Bila kita memiliki mobil ferrari kita tidak mungkin membeli bahan bakar premium, bila itu yang terjadi maka mobil kita tidak akan awet, hal ini sama dengan komputer, standar terendah psu bagi saya adalah psu true power dengan pasokan listrik yang stabil. pilihan saya jatuh pada THERMALTAKE ToughPower XT 675W APFC Modular
Optical drive
sesuaikan dengan kebutuhan, itu pendapat saya percuma juga kita beli od yang mampu membaca blueray, namun kita tidak pernah memakai blueray, maka pilihan saya jatuh pada Lite On DVDRW Sata 24x
Case
Sesuaikan dengan selera anda, asalkan kita dapat menata kabel kabel didalamnya maka akan didapatkan case dengan sirkulasi udara yang baik, hal ini berfungsi untuk mendinginkan komponen komponen yang ada didalamnya. pilihan saya jatuh pada Venomrx Moccasin NTX V3
Keyboard dan mouse
Sama dengan case, hal yang berperan disini adalah selera. pilihan saya adalah LOGITECH Keyboard Classic K100 Ps2+Mouse Optical USB Black
Monitor
Untuk mendapatkan kepuasan maksimal dari komputer game adalah monitor berukuran raksasa, namun hal ini akan menjadi hambatan bila uang yang disediakan pas pasan, jadi paling tidak monitor untuk kebutuhan game adalah monitor yang memiliki resolusi full hd. bila dana terlalu mepet pilihan jatuh pada monitor 17' square, namun untuk kasus disini pilihan saya jatuh pada LG 22.5 Inch M2341A
Speaker
Untuk audio sebenarnya lebih baik mengguanakan headset daripada speaker (opini pribadi) namun dengan alasan gengsi maka pilihan jatuh pada speaker, untuk speaker pilihan saya jatuh pada dbE SP88.

Setelah kita selesai memilah milah komponen maka langkah selanjutnya kita mencari toko yang menyediakan komponen komponen tersebut. Atau misalkan masih ada waktu lebih maka lebih baik kita survey harga dahulu gar didapatkan komponen dengan harga terendah, namun jangan melupakan garansi.

sekian dari saya semoga dapat membantu. Gbu ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar